Go to Desktop Version

Info Daerah

Lingkar pena

Senin,19 September 2016 - 09:59 AM
Melancong

Kawasan Air Terjun Lembah Anai Berikan Keindahan Pariwisata Sumatra Barat

Wisata, Sumatra Barat, Lancangkuning.com - Air terjun Lembah Anai adalah salah satu air terjun yang terkenal dan merupakan mascot pariwisata Sumatra Barat. Air terjun Lembah Anai yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini merupakan aliran dari Sungai Batang Lurah Dalam yang berhulu dari Gunung Singgalang. Air terjun Lembah Anai berada di barat Cagar Alam Lembah Anai.

Air terjun Lembah Anai merupakan bagian kawasan Cagar Alam Lembah Anai yang merupakan kawasan hutan lindung hutan tropis yang memiliki beraneka jenis flora dan fauna. Keadaan alam yang hijau yang memiliki ragam flora dan fauna menjadikan lembah anai memiliki daya tarik tersendiri ditambah air terjunnya yang memukau.

Air terjun lembah anai adalah air terjun yang terletak di pinggir jalan, sebenarnya terdapat 3 air terjun di lokasi ini yang mana dua air terjun lainnya tertutup oleh hutannya yang lebat. Untuk menikmati air terjun lainnya yang ada di sekitaran lembah anai maka kita harus melakukan perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi air terjun lembah anai.

Tidak hanya air terjunnya yang menawan di lembah anai, di kawasan ini juga terdapat aliran sungai besar berbatu yang mana air nya sangat jernih dan di atas sungai ini juga melintas jembatan rel kereta api peninggalan Belanda. Melakukan wisata ke air terjun lembah anai akan memberikan sensasi dan juga kepuasaan tersendiri bagi wisatawan.

Lokasinya yang terletak di pinggir jalan yang menghubungkan kota Padang dan kota Bukittinggi dan berada di sisi jalan menjadikan air terjun lembah anai menarik perhatian para wisatawan baik local maupun mancanegara. Keberadaan air terjun lembah anai mengalahkan cagar alam lembah anai itu sendiri, karena saking terkenal dan menariknya air terjun lembah anai ini. Keindahan yang dipancarkan air terjun lembah anai memberikan citra alam yang sangat asri dan menarik.

Loading...

Air terjun lembah anai memiliki aliran yang menarik dengan ketinggiannya tersebut, di bawahnya terbentuk kawah tempat air berkumpul  dan aliran airnya turun dengan cepat saling menyusul sehingga memercikkan kabut air, kabut air ini akan membentuk gugusan yang indah yang berwarna-warni saat disinari cahaya matahari.

Secara administrasi maka air terjun lembah anai termasuk ke dalam wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. (hyAzn)

 

 

-
Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Jan 1st, 1970
Melancong
Marischka Tekuni Dunia Traveling Melalui Blognya
Jan 1st, 1970
Melancong
Tempat Wisata Di Kota Dumai, Wajib di Kunjungi
Jan 1st, 1970
Melancong
Danau Kaco Jambi, Miliki Keindahan yang Tidak Tertandingi
Jan 1st, 1970
Melancong
Taman Laut Pulau Rubiah Surganya Para Penyelam, Miliki Terumbu Karang yang Asri
Jan 1st, 1970
Melancong
Pantai Gondariah Pariaman, Lokasinya yang Strategis Menjadikan Objek Wisata ini Favorit Masyarakat
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.