Go to Desktop Version

Info Daerah

Lingkar pena

Jumat,17 January 2020 - 09:57 AM
Kuliner

5 Makanan khas ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Riau

LancangKuning.com - Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang menjadi simbol dan melambangkan kekhasan daerahnya. Seperti yang kita ketahui, negara Indonesia memiliki ragam kuliner yang mampu membuat rindu dan memanjakan lidah siapa saja. Makanan yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Riau adalah makanan khas Riau. Bukan hanya harganya yang relatif terjangkau, tetapi rasanya juga tidak kalah saing. Nah, berikut ini ada 5 makanan khas Riau yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Provinsi Riau.

1. Nasi Lemak.

Sudah pernah makan nasi lemak belum? Nasi lemak merupakan makanan khas Riau yang biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi. Nasi ini sangat enak karena nasinya dimasak dengan menggunakan santan dan daun pandan sebagai penambah aroma harumnya.

2. Mie Sagu.

Loading...

Mie sagu ini merupakan makanan khas masyarakat Riau, khususnya di wilayah Selat Panjang, Pulau Tebing Tinggi, Indragiri Hilir, dan di Kepulauan Meranti. Mie sagu ini memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah dan terbukti dapat menurunkan gula darah. 

3. Gulai Belacan.

Gulai belacan ini merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas Riau yang wajib banget kamu cicipi. Gulai ini terbuat dari udang segar dan dimasak dengan menggunakan santan.

Selain itu gulai ini juga memiliki kuah yang kental. Bumbu yang digunakan untuk membuat gulai belacan juga tidak terlalu ribet, di antaranya berupa kemiri, lada, serta menggunakan asam jawa.

4. Lope Bugi.

Lope bugi merupakan cemilan asli khas Riau. Makanan ini terbuat dari ketan dan santun serta dibalut dengan daun pisang, dan di dalamnya terdapat inti dari parudan kelapa yang manis.

Lope Bugi ini memiliki dua warna, ada ketan putih dan ketan hitam. Kedua ketan ini sama-sama memiliki rasa yang enak dan dijamin membuat lidah penikmatnya ketagihan.

5. Roti Canai.

Roti canai adalah roti pipih yang terpengaruh kuliner India yang kini banyak tersedia di rumah makan melayu. Roti ini dibuat dengan cara adonan berbentuk bulat segenggam tangan diputar hingga tipis. Roti canai biasa disajikan dengan kari daging kambing dengan cara disobek rotinya untuk dicocol ke kuah kari daging kambing.

Nah, itulah 5 makanan khas Riau yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke provinsi Riau atau yang lebih dikenal dengan Bumi Lancang Kuning.

-
Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

-6963 tahun yang lalu
Kuliner
Burger Ternyata Bisa Jadi Sehat, Ini Alasannya
Jan 1st, 1970
Kuliner
Kue Khas Kepulauan Riau
Jan 1st, 1970
Kuliner
Makanan Khas Melayu Kepulauan Riau
Jan 1st, 1970
Kuliner
Makanan Khas Bengkalis dan Cara Membuatnya
Jan 1st, 1970
Kuliner
Oleh – oleh khas Tanjung Pinang Riau
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.