Go to Desktop Version

Info Daerah

Lingkar pena

Jumat,17 January 2020 - 10:23 AM
Kuliner

Es Kopi Susu Gula Aren, Minuman Kekinian Para Kaum Urban

LancangKuning.com - Diketahui sejak akhir tahun 2017, usaha kedai kopi semakin menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Hal tersebut diperkirakan karena pengaruh gaya hidup kaum urban yang menjadikan café tidak lagi hanya menjadi tempat nongkrong bersama rekan sambil menikmati kopi dan mengobrol, namun juga tempat untuk bekerja di depan laptop, sehingga muncul gagasan kedai kopi berkonsep café and co-working space. Didukung dengan ide-ide kreatif dari para peracik kopi mengolaborasikan minuman kopi klasik dengan bahan minuman lain sehingga menghasilkan minuman kopi yang lebih lezat dan dapat dinikmati setiap saat. Dan salah satunya adalah Es Kopi Susu Gula Aren.

Bukan cuma pecinta kopi, bahkan yang awalnya tidak suka kopi mendadak jadi fans minuman berkafein ini, lho Bunda! Bagi Bunda yang belum pernah mencobanya, tentunya penasaran dengan rasanya, ya. Tertarik mencoba membuat sendiri minuman kekinian ini di rumah? Ikuti resep berikut.

Bahan-bahan Apa Saja yang Dibutuhkan

Untuk membuat segelas es kopi ini, siapkan bahan-bahan berikut:

Ekstrak kopi:

Loading...

Pelengkap:

Cara Membuat

1. Sirup gula aren: Masukkan gula aren dan gula palem ke dalam pan anti lengket. Tambahkan air. Panaskan pan di atas kompor dengan api sedang. Aduk terus hingga gula larut. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk, air menyusut setengahnya dan mengental seperti sirup (kurleb 10 menit). Angkat dan dinginkan. Note: jangan terlalu lama memasak sirupnya, agar tidak menjadi gulali.

2. Ekstrak kopi: Siapkan air mendidih dan kopi bubuk. Masukkan kopi didalam gelas kecil, tambahkan air mendidih, lalu aduk hingga kopi larut (kurang lebih 30 detik).

3. Saring kopi untuk memisahkan ampasnya.

4. Siapkan semua bahan.

5. Masukkan secukupnya sirup gula aren kedalam gelas, tambahkan es batu lalu masukkan susu cair scr perlahan.

6. Tuang pelan-pelan ekstrak kopi di atas susu, supaya terbentuk gradasi warna. Sajikan.

Sluuurrpp.. segarnya menyeruput Es Kopi Gula Aren ya Bun.. Sensasi rasa kopi yang pahit berpadu dengan gurihnya susu dan rasa manis khas gula aren dan palem menciptakan minuman yang nyata sedap bikin ketagihan. Selamat mencoba Bunda!

-
Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

-6963 tahun yang lalu
Kuliner
Burger Ternyata Bisa Jadi Sehat, Ini Alasannya
Jan 1st, 1970
Kuliner
Kue Khas Kepulauan Riau
Jan 1st, 1970
Kuliner
Makanan Khas Melayu Kepulauan Riau
Jan 1st, 1970
Kuliner
Makanan Khas Bengkalis dan Cara Membuatnya
Jan 1st, 1970
Kuliner
Oleh – oleh khas Tanjung Pinang Riau
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.