Go to Desktop Version
Minggu,07 June 2020 - 06:53 PM
Internasional

China dan India Berdamai, Perang Gagal

 

Foto: Militer India dan China di perbatasan Ladakh.

Lancang Kuning – Sebuah kabar gembira datang dari zona sengketa Ladakh. Militer China dan India akhirnya urung pernah. Mereka dikabarkan telah sepakat untuk menuntaskan ketegangan di perbatasan kedua negara dengan jalan perundingan damai.

Kabar ini disampaikan Kementerian Luar Negeri India, Minggu 7 Juni 2020, disebutkan China dan India sepakat berdialog untuk mencari solusi dari ketegangan di wilayah sengketa Ladakh.

Baca Juga: Terharu, Kisah Pasien Corona Menyamar Demi Melihat Anaknya

"Kedua pihak akan melanjutkan keterlibatan militer dan diplomatik untuk menyelesaikan situasi dan untuk memastikan perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan," tulis Kemenlu India, dilansir dari Viva.co.id

Menurut Kemenlu India, sebelumnya militer kedua negara sempat bertemu di Chushul-Mldo. Dalam pertemuan itu, militer China diwakili Komandan Daerah militer Xinjiang Selatan, Mayjen Liu Lin. Sedangkan India diwakili Komanda Korps 14, Letjen Harinder Singh yang bermarkas di Leh.

Baca Juga: Remaja Doakan Banyak Orang Mati Kena Corona, Alasannya Bikin Ngakak

"Kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan situasi di wilayah perbatasan secara damai sesuai dengan berbagai perjanjian bilateral dan tetap memperhatikan kesepakatan antara para pemimpin bahwa perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan India-China sangat penting untuk pengembangan keseluruhan hubungan bilateral," kata Kemenlu India.

Ketegangan antara China dan India di Ladakh memuncak setelah terjadi bentrokan di tepi utara wilayah Danau Pangong Tso. Semua diawali dari pendirian kamp militer oleh Tentara Pembebasan Rakyat China dan India membangun jalan.

Kedua negara sempat mengerahkan pasukan secara besar-besaran ke Ladakh. Bahkan India telah membeli pesawat tempur dari Amerika untuk mengantisipasi perang. Malah kedua negara sempat saling ancam  perang nuklir. (LK)

Silahkan bergabung di Grup FB LANCANG KUNING untuk mendapatkan informasi terupdate.


****

Dapatkan info berita terbaru via group Whatsapp (read only) Lancang Kuning (Klik Disini)


*

Subscribe YOUTUBE LANCANG KUNING untuk mendapatkan informasi terbaru dalam video.

Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Jan 1st, 1970
Internasional
Diundang Jokowi ke KTT G20, Presiden Ukraina akan Hadir Online
May 28th, 1599
Internasional
Uni Emirat Arab Konfirmasi Kasus Cacar Monyet Pertama Pada Wanita
Jan 1st, 1970
Internasional
Berharta Rp3.213 T, Elon Musk Makin Kokoh Jadi Orang Terkaya Sejagat
Jan 1st, 1970
Internasional
100 Kasus Cacar Monyet di 11 Negara, WHO Gelar Rapat Darurat
Jan 1st, 1970
Internasional
Netizen Pembela UAS Serbu Akun Presiden Singapura dan PM Lee: #SaveUAS
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.