Go to Desktop Version
Kamis,16 September 2021 - 02:01 PM
Berita

Sangar, 4 Kendaraan Perang Baru TNI Tiba di Papua

Foto: Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono.(Instagram/@kodam17)

 

Lancang Kuning – Selain menjadi lambang kekuatan militer suatu negara, alat utama sistem persenjataan (alutsista) memiliki fungsi pokok untuk mendukung tugas-tugas pokok prajurit. Seperti halnya Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih, yang baru saja menerima sejumlah kendaraan tempur baru.

Empat unit kendaraan taktis (rantis) diterima Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih, dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), Rabu 15 September 2021.

Kehadiran alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaru ini, diharapkan bisa mendukung pelaksanaan tugas komando teritorial paling timur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  


Kendaraan taktis yang diterima Kodam XVII/Cenderawasih tersebut adalah jenis ILSV (Indonesian Light Strike Vehicle), buatan J-Forces (PT Jala Berikat Nusantara Perkasa).

Asisten Logistik (Aslog) Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Czi Eko Pujianto, menjelaskan bahwa kedatangan empat unit rantis ILSV adalah bentuk dukungan Mabes TNI terhadap Kodam XVII/Cenderawasih. 

Setelah diterima, Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, sempat melakukan pengecekan, setelah tiba di Makodam.

Sebelum didistribusikan ke jajaran Kodam XVII/Cenderawasih, empat unit kendaraan ini akan lebih dulu menjalani proses pemeriksaan materil yang akan dilaksanakan oleh Pusat Peralatan Kodam (Paldam) XVII/Cenderawasih.

"Usai tiba di Makodam XVII/Cenderawasih, kendaraan taktis tersebut dicek secara langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono. Dan selanjutnya, akan didistribusikan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih," ujar Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih, dikutip VIVA Militer dari situs resmi Kodam XVII/Cenderawasih, dilansir LKC dari Viva.co.id

"Kendaraan taktis ini merupakan dukungan dari Mabes TNI dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih, selaku Koopsgab (Komando Operasi Gabungan) TNI Papua," katanya.

Lebih lanjut Kolonel Czi Eko Pujianto menjelaskan, keempat unit rantis yang baru saja diterima memiliki spesifikasi mobil lapis baja dan senjata ringan. 

Rencananya, keempat rantis akan ditempatkan di Markas Kodam (Makodam) XVII/Cenderawasih, Komando Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi (Korem 172/PWY), Korem 173/Praja Vira Braja (Korem 173/PVB), dan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Korem 174/ATW).

"Kendaraan taktis tersebut memiliki spesifikasi mobil lapis baja dan dilengkapi dengan senjata mesin ringan. Ke depannya, keempat tersebut akan ditempatkan di Makodam XVII/Cenderawasih, Korem 172/PWY, Korem 173/PVB dan Korem 174/ATW," jelas Kolonel Czi Eko Pujianto. (LK)

 

Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Sangar, 4 Kendaraan Perang Baru TNI Tiba di Papua

Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Jan 1st, 1970
Berita
Eks Pegawai KPK Tak Mau Buru-Buru Bikin Parpol
Jan 1st, 1970
Berita
CT-ALC Berkomitmen Lahirkan Trainer Profesioal
Jan 1st, 1970
Berita
Verfak Dewan Pers Berakhir, JMSI Bengkulu Pengda Pamungkas
Jan 1st, 1970
Berita
Kapolri ke Polda Jajaran: Antisipasi Pertumbuhan Covid-19 dan Maksimalkan Persiapan Event Internasional
Jan 1st, 1970
Berita
Aipda Roni Divonis Hukuman Mati, Terbukti Bersalah Perkosa dan Bunuh 2 Wanita
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.