Go to Desktop Version
Rabu,08 December 2021 - 04:37 PM
Pemerintah

Jokowi Dapat 1 Truk Jeruk Tak Lapor KPK, Faldo: Sudah Dibeli

Foto: Presiden Jokowi saat menerima jeruk dari warga Karo, Sumut. (Twitter @jokowi)


Lancang Kuning – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan menerima jeruk dalam jumlah satu truk dari warga Karo, Sumatera Utara. Mendapat jeruk satu truk membuat Jokowi disorot  karena dikaitkan dengan gratifikasi dan perlu lapor ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, meluruskan kabar pemberian jeruk satu truk tersebut. Dia menekankan jeruk satu truk itu tak perlu dilaporkan kepada KPK. 

Sebab, saat pemberian itu, Presiden Jokowi langsung menggantinya. Ia menyebut eks Gubernur DKI itu memberikan uang dalam goodybag sebagai ganti pembayaran jeruk satu truk tersebut.  

“Di dalam video, Presiden menyerahkan sendiri pembayaran jeruk tersebut di dalam goodybag. Beliau bilang 'gantinya'. Dapat dilihat sendiri, silakan dicek di videonya,” kata Faldo saat dihubungi, Rabu 8 Desember 2021, dilansir LKC dari viva.co.id 

Faldo bilang, tanpa perlu disampaikan secara terbuka, sudah jadi kebiasaan Jokowi mengikuti aturan. Dia mencontohkan saat masih menjabat Gubernur DKI, Jokowi yang mendapat gitar bas dari grup band Mettalica langsung melapor ke KPK. 

Langkah Jokowi melapor ke KPK karena gitar bas itu masuk kategori gratifikasi.  

“Presiden secara konsisten sudah menunjukkan sikap beliau soal-soal pemberian ini. Dulu gitar dari Metallica juga pernah, kuda juga pernah diberikan ke KPK," sebut politikus PSI itu. 

Namun, berbeda bila ada pemberian dari rakyat seperti petani. Menurutnya, Jokowi selaku kepala negara akan mengganti dengan bayaran. 

"Pemberian dari rakyat kecil, petani, yang sangat mencintai beliau tentu lebih elok dibayar saja, dibeli saja. Ketimbang dibawa-bawa ke KPK, nanti petani sedih. Ada kepantasan lah dalam bernegara,” ujar Faldo. 

Faldo pun mengapresiasi bentuk pengawasan dari publik yang disampaikan berkaitan dengan hal ini. Dia bilang pengawasan dari publik dan media massa punya andil untuk menciptakan transparansi di pemerintahan. 

Sebelumnya, Jokowi dalam akun Twitternya, @jokowi menyampaikan enam warga Kabupaten Karo, Sumut datang ke Istana dengan membawakan oleh-oleh satu truk buah jeruk. 

Dia mengatakan enam warga Karo itu ingin menyampaikan aspirasi terkait jalan rusak di daerah mereka di Liang Melas Datas. 

"Mereka juga membawa oleh-oleh satu truk buah jeruk untuk saya. Terima kasih untuk oleh-olehnya," ujar Jokowi. (LK)

 

Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 8 Desember 2021 - 14:54 WIB
Judul Artikel : Jokowi Dapat 1 Truk Jeruk Tak Lapor KPK, Faldo: Sudah Dibeli
Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/politik/1430261-jokowi-dapat-1-truk-jeruk-tak-lapor-kpk-faldo-sudah-dibeli?page=all&utm_medium=all-page

Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Jan 1st, 1970
Pemerintah
Sediakan Bahan Pangan Terjangkau, Pemerintah Gencarkan Operasi Pasar
Jan 1st, 1970
Pemerintah
RI Ambil Alih Navigasi Udara Kepri dan Natuna dari Singapura
Jan 1st, 1970
Pemerintah
Menteri ESDM Terbitkan Aturan mengenai PLTS Atap
Jan 1st, 1970
Pemerintah
Pemerintah Pangkas 10,37 Juta Ton Emisi Karbon Pembangkit Listrik di 2021
Jan 1st, 1970
Pemerintah
Realisasi APBD 2021 Riau Nomor 4 Nasional, Mendagri: Keren!
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.