Go to Desktop Version
Rabu,08 December 2021 - 10:57 PM
Pemerintah

Mendagri Ingatkan Pemda Segera Percepat Realisasi Belanja APBD 2021

Foto: Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

 

Lancang Kuning, PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) se Indonesia untuk mempercepat realisasi belanja daerah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Ia mengaku, percepatan realisasi APBD ini diinstruksikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. Untuk itu, Tito Karnavian mengharapkan Pemda harus serius dalam mempercepat belanja APBD. 

Hal ini disampaikan Mendagri dalam rapat persiapan Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Membahas percepatan vaksinasi dan belanja daerah yang diikuti oleh seluruh kepala daerah se Indonesia secara virtual, Rabu (8/12/21).

"Tolong rekan-rekan [Kepala Daerah se Indonesia] betul-betul serius untuk mempercepat belanja ini [APBD 2021]," ucapnya, dikutip dari mediacenterriau

Mendagri mengatakan, jika daerah tidak bergerak untuk mempercepat realisasi APBD, maka akan ketahuan dan terbaca dari sistem di Kemendagri dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sehingga akhir tahun ini akan dilakukan evaluasi.

Kemudian, ia juga meminta kepala daerah se Indonesia untuk segera membelanjakan APBD ini sesuai ketentuan hukum yang berlaku. 

"Mohon dikaji rekan-rekan [kepala daerah] semua dan disisir betul untuk belanja APBD ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menginstruksikan kepala daerah untuk segera bergerak dan melaksanakan rapat di setiap daerahnya agar belanja APBD ini bisa terserap secara maksimal. 

Jelasnya, kontribusi APBD ini juga berdampak dan berperan pada pertumbuhan ekonomi nasional sama dengan realisasi APBN. Selain itu, menurutnya, realisasi belanja pemerintah daerah selain bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat, tapi juga untuk memacu pihak swasta untuk bergerak. "Kami harapkan realisasi APBD ini akan melonjak," ujarnya. (LK)

Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Jan 1st, 1970
Pemerintah
Sediakan Bahan Pangan Terjangkau, Pemerintah Gencarkan Operasi Pasar
Jan 1st, 1970
Pemerintah
RI Ambil Alih Navigasi Udara Kepri dan Natuna dari Singapura
Jan 1st, 1970
Pemerintah
Menteri ESDM Terbitkan Aturan mengenai PLTS Atap
Jan 1st, 1970
Pemerintah
Pemerintah Pangkas 10,37 Juta Ton Emisi Karbon Pembangkit Listrik di 2021
Jan 1st, 1970
Pemerintah
Realisasi APBD 2021 Riau Nomor 4 Nasional, Mendagri: Keren!
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.