Go to Desktop Version
Selasa,25 January 2022 - 09:30 PM
Pemerintah

RI Ambil Alih Navigasi Udara Kepri dan Natuna dari Singapura

Foto: Pertemuan Bilateral Presiden Jokowi dengan PM Lee, Selasa 25 Januari 2022. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

 

Lancang Kuning – Navigasi di atas udara wilayah kepulauan Riau dan Natuna berhasil diambil alih untuk dikelola Indonesia, yang sebelumnya dipegang oleh Singapura. 

Hal itu setelah penandatanganan tiga perjanjian kerja sama strategis di bidang politik, hukum dan pertahanan keamanan antara Indonesia dan Singapura. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, hari ini merupakan hari yang bersejarah untuk bangsa Indonesia. Karena akhirnya mampu menyempurnakan kedaulatan bangsa dalam satu paket. 

“Negosiasi realignment FIR (Flight Information Region) Jakarta-Singapura ini seingat saya telah dilakukan sejak tahun 1990-an, namun baru bisa diselesaikan secara komprehensif beberapa tahun belakangan ini,” jelas Luhut dikutip dalam keterangannya, Selasa 25 Januari 2022, dilansir LKC dari viva.co.idb

Menurutnya, Indonesia juga telah berhasil mencapai kesepakatan dalam kerja sama di bidang hukum, lewat perjanjian ekstradisi yang progresif, fleksibel, dan antisipatif terhadap perkembangan bentuk dan modus tindak kejahatan. 

Adapun pada pemberlakuan masa berlaku surat atau retroaktif hingga 18 tahun terhadap tindak kejahatan yang berlangsung sebelum berlakunya perjanjian ini juga telah disepakati bersama.

Ia mengatakan, dengan berlakunya perjanjian tersebut, maka Indonesia akan mampu untuk mengimplementasikan Keputusan Presiden terkait Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). 

Selain itu, hari ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pertahanan atau Defence Cooperation Agreement (DCA), yang merupakan payung untuk berdialog bagi kedua negara. Serta sebagai alat konsultasi terkait kebijakan bilateral secara reguler mengenai isu-isu keamanan. 

Luhut juga mengapresiasi komitmen, konsistensi, serta kerja sama yang dilakukan oleh seluruh tim dalam menyukseskan perjanjian penting antara Indonesia dan Singapura. 

“Namun di balik semua ini saya pikir keberhasilan yang kita raih hari ini tak bisa lepas dari peran besar kepemimpinan Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Negara Republik Indonesia, yang punya gaya diplomasi bersahabat dan luwes namun tetap memegang teguh prinsip sebagai negara berdaulat,” tutupnya. (LK)

 

Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Selasa, 25 Januari 2022 - 19:26 WIB
Judul Artikel : RI Ambil Alih Navigasi Udara Kepri dan Natuna dari Singapura
Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1443708-ri-ambil-alih-navigasi-udara-kepri-dan-natuna-dari-singapura?page=all&utm_medium=all-page

Silahkan bergabung di Grup FB LANCANG KUNING untuk mendapatkan informasi terupdate.


****

Dapatkan info berita terbaru via group Whatsapp (read only) Lancang Kuning (Klik Disini)


*

Subscribe YOUTUBE LANCANG KUNING untuk mendapatkan informasi terbaru dalam video.

Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

-5887 tahun yang lalu
Pemerintah
Pandemi Melandai, Presiden Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit
-316 tahun yang lalu
Pemerintah
Kemendag Terbitkan Aturan Tata Kelola Program Minyak Goreng Curah Rakyat
-1009 tahun yang lalu
Pemerintah
Jubir Kemenkes Beberkan 6 Dugaan Penyebab Hepatitis Akut
May 28th, 1631
Pemerintah
Tingkatkan Belanja Produk Lokal, Luhut Dorong Optimalisasi Pemanfaatan E-Katalog
-7113 tahun yang lalu
Pemerintah
Presiden Apresiasi Mudik Lebaran Tahun 2022 Berjalan Aman dan Sehat
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.