Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Lucyanel Genius, Launching Sosialisasi Rabies Tingkat SD di Kota Pariaman Tahun 2022

Daftar Isi

    Lancangkuning.com, Pariaman - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman Ny. Lucyanel Genius, melaunching sekaligus menjadi narasumber kegiatan “Sosialisasi Rabies Tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Pariaman Tahun 2022”, di SDN 19 Kampung Baru Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.

    Rabies adalah penyakit anjing gila yang merupakan penyakit infeksi akut pada susunan syaraf pusat (otak) yang disebabkan oleh virus rabies, yang bersifat menular dari hewan kepada manusia atau sebaliknya dari manusia ke hewan.

    Sosialisasi ini digelar oleh Pemerintah Kota Pariaman bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman. Acara ini di ikuti oleh 80 orang peserta, yang terdiri dari 40 orang murid SDN 19, dan 40 orang wali murid.

    Walaupun tahun 2021 merupakan tahun bebas rabies, tapi sosialisasi ini harus tetap dilakukan secara berulang, karena kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk mengenalkan penyakit menular hewan ini kepada anak-anak sejak usia dini, agar mereka paham dan mengerti bahaya dari penyakit ini, mengingat anak-anak sangat rentan sekali terkena penyakit ini, karena mereka biasanya paling dekat dengan hewan peliharaan. Hal tersebut disampaikan oleh Ny.Lucyanel Genius yang juga merupakan Bunda PAUD Kota Pariaman saat diwawancarai oleh Tim Peliput MCP di lokasi acara, Sabtu (12/3).

    “Rabies ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan bisa mematikan. Sampai saat ini penyakit rabies ini belum ada obatnya, akan tetapi penyakit rabies ini bisa dicegah tapi tidak bisa diobati. Oleh sebab itu sosialisasi ini sangat penting sekali dilakukan berulang-ulang agar masyarakat mengetahui bahayanya, cara penularannya, dan bagaimana cara penanggulangannya”, ujar Ny.Lucyanel Genius.

    “Saya apresiasi sekali dengan anak-anak kita yang ada di sekolah ini, mereka sangat mengerti dan paham sekali dengan apa yang telah disampaikan, bahwasanya rabies itu adalah satu penyakit yang bisa mematikan, dan penularannya melalui gigitan hewan, seperti anjing, kelelawar, kucing, dan binatang lainnya, terbukti dari tanya jawab yang dilakukan, mereka bisa menjawabnya dengan benar”, ungkap Ny. Lucyanel Genius.

    Beliau berpesan agar masyarakat bisa lebih peduli lagi kalau punya hewan peliharaan, supaya dirawat dengan baik dan benar,  diperiksa berkala kesehatannya ke Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), dan jika punya anjing dan hewan peliharaan lainnya, jangan lupa untuk segera divaksin, apabila melihat anjing liar serta mempunyai gejala-gejala penyakit rabies segera menginformasikannya kepada pihak terkait, untuk segera dapat mengambil tindakan, apa perlu anjing tersebut dikarantina atau tidak.

    Sementara itu Kepala Sekolah SDN 19 Azral Malvinas mengatakan sangat bangga sekali, sekolahnya menjadi sekolah yang pertama untuk mendapatkan sosialisasi penyakit rabies ini. Hal ini ini merupakan kesempatan yang baik untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada anak-anak agar mereka bisa membedakan mana ciri-ciri hewan yang terkena rabies atau tidak.

    Hadir dalam acara itu Kabid Peternakan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Marini Jamal, Kepsek SDN 19  Azral Malvinas, Dr. Hewan Sari, Dr.Hewan Tiara, dan Kasi Kesehatan Hewan dari Puskeswan Kota Pariaman.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Lucyanel Genius, Launching Sosialisasi Rabies Tingkat SD di Kota Pariaman Tahun 2022
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar