Go to Desktop Version
Jumat,27 May 2022 - 10:05 PM
Internasional

Diundang Jokowi ke KTT G20, Presiden Ukraina akan Hadir Online

Foto: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di acara virtual FPCI Public Forum. (VIVA/Natania Longdong)

 

Lancang Kuning – Sejak invasi digaungkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, hingga pada saat ini perang masih menjadi-jadi dan memakan banyak korban jiwa. 

Dalam hal ini, sebelumnya beberapa anggota yang menjadi bagian dari G20 menentang Indonesia sebagai untuk tidak mengundang Putin dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) yang berlangsung di Bali, pada November mendatang.

Barat menyarankan bahwa jika Presidensi Indonesia nekat untuk mengundang Putin, maka pihak Indonesia juga harus mengundang Ukraina dalam pertemuan tersebut.

Pada Jumat 27 Mei 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan rasa terima kasihnya pada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo karena telah mengundang Ukraina dalam KTT G20.

“Saya berterima kasih kepada Presiden Indonesia atas undangan submit G20. Saya yakin submit G20 merupakan diskusi yang bersahabat antara kepala negara,” kata Zelensky dalam keterangannya melalui siaran langsung Youtube milik Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

Zelensky juga menambahkan bahwa dirinya yakin jika pertemuan antar kepala negara dalam G20 akan mencari solusi dan jalan keluar mengenai konflik yang ada pada saat ini.

“Mengenai G20, Dunia akan menghadapi tantangan dan konflik yang ada. Konflik dan krisis pangan saya khawatir akan menjadi besar,” ujar Zelensky.

“Saya berharap G20 akan dapat mencari solusi dan jalan keluar mengenai konflik dan perang. Terutama perang ini ada di pusat Eropa. Kita memerlukan semuanya untuk bersatu untuk menghentikan agresi mereka (Rusia),”

Dalam keterangannya juga, Presiden Ukraina yang menjabat sejak 2019 itu mengatakan bahwa G20 harus dapat menghentikan perang yang ada dan mendukung penuh Ukraina.

Namun, pada undangan yang diterima Zelensky dari Indonesia untuk hadir dalam KTT G20 di Bali, Zelensky mengatakan bahwa dirinya tidak bisa hadir dalam pertemuan tersebut.

“Saya tidak dapat berkunjung karena saya harus bersama rakyat saya, jadi saya akan bergabung dengan anda kalau bisa dilakukan secara online, itu adalah opsi yang saya pilih.”



Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 27 Mei 2022 - 17:03 WIB
Judul Artikel : Diundang Jokowi ke KTT G20, Presiden Ukraina akan Hadir Online
Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/dunia/1479154-diundang-jokowi-ke-ktt-g20-presiden-ukraina-akan-hadir-online?page=all&utm_medium=all-page
Oleh : Ezra Sihite,Natania Longdong

Silahkan bergabung di Grup FB LANCANG KUNING untuk mendapatkan informasi terupdate.


****

Dapatkan info berita terbaru via group Whatsapp (read only) Lancang Kuning (Klik Disini)


*

Subscribe YOUTUBE LANCANG KUNING untuk mendapatkan informasi terbaru dalam video.

Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Jan 1st, 1970
Internasional
Banjir hingga Longsor Terjang China, Ratusan Ribu Warga Dievakuasi
Jan 1st, 1970
Internasional
Presiden Iran Janji Habisi Nyawa Intel Israel Pembunuh Kolonel Hassan
Jan 1st, 1970
Internasional
Menhan AS Sebut China Semakin Agresif di Asia Terutama Atas Taiwan
Jan 1st, 1970
Internasional
Menhan Jepang Kecam China dan Rusia Langgar Aturan Internasional
Jan 1st, 1970
Internasional
Militer Rusia Ngamuk Balas Serangan, 400 Tentara Ukraina Jadi Mayat
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.