Go to Desktop Version
Rabu,25 October 2023 - 11:14 PM
Kampus

BEM UNRI Berkolaborasi dengan PMI Kota Pekanbaru Melalui Kegiatan Donor Darah

LANCANGKUNING.COM, PEKANBARU - Dalam rangka UNRI Expo 2023 dengan mengusung tema "Selaras Kolaborasi Berkarya Untuk Negeri", Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (UNRI) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru melakukan kegiatan donor darah pada Rabu (25/10/2023).

Kegiatan donor darah yang dilakukan di dekat arena panjat tebing kawasan UNRI ini terbuka untuk umum, baik untuk mahasiswa UNRI maupun luar UNRI.

"Tidak hanya dari mahasiswa UNRI yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini, bahkan dari staf-staf lainnya seperti satpam, dosen, dan orang umum juga ikut untuk donor darah di sini," ucap Latifa dari BEM UNRI saat diwawancarai tim lancangkuning.com (25/10).

Antusias dari mahasiswa juga cukup tinggi, hal ini terlihat dari minat pendonor yang sedari pagi hingga siang hari ini masih berbondong-bondong datang untuk melakukan donor darah.

"Alhamdulillah melebihi kuota dari yang kami harapkan, dari yang mengisi link hanya 34 orang yang hadir sekitar 50 orang lebih. Ada juga yang tertolak karena tidak memenuhi kriteria, bahkan ada beberapa mahasiswa yang telat karena ada kelas. Mereka kembali menyusul namun tidak bisa karena memang kuota nya sudah terpenuhi," tambahnya.

Adapun syarat yang di tekankan sebelum melakukan donor yakni  berat badan lebih dari 45kg, tidur yang cukup lebih dari 6 jam, dan untuk pendonor  yang rutin melakukan donor darah harus memiliki jeda minimal 3 bulan sebelumnya.

"Bagi yang pertama kali ikut juga ada prosedur pengecekan tanda-tanda vital seperti pengecekan tensi, tekanan darah, lalu juga pengecekan Hb, lalu pengecekan golongan darah yang dilakukan oleh pihak PMI Kota Pekanbaru," pungkas Latifa.

Sebelumnya dari pihak PMI juga memberikan edukasi terlebih dahulu terkait manfaat dari donor darah itu sendiri.

"Lalu tadi juga dikasih edukasi dari dokter PMI kota, manfaat dari donor darah ini. Jadi mereka agak sedikit rileks, tadi juga di ajarkan beberapa teknik relaksasi nafas dalam," kata Latifa.

Ia pun mengatakan karena donor darah ini adalah bentuk kerja sama dengan pihak PMI Kota Pekanbaru, maka nanti yang akan mengurus hasil dari terkumpulnya donor darah ini adalah langsung oleh pihak PMI Kota.

Dengan hadirnya kegiatan donor darah yang dilakukan ini. Harapannya dari setiap kantong darah yang dihasilkan akan dapat bermanfaat untuk orang-orang yang memang membutuhkan.(nia)


Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Feb 21st, 1188
Kampus
Limbah Cangkang Kerang Jadi Batako Penghasil Listrik di Tangan Mahasiswa
Jan 1st, 1970
Kampus
Rektor Unri Lantik 5 Pejabat di Lingkungan Universitas Riau
Jan 1st, 1970
Kampus
Rektor Unri Lantik 5 Pejabat di Lingkungan Universitas Riau
Jan 1st, 1970
Kampus
UMRI Agendakan Laksanakan KKN ke Arab Saudi
Jan 1st, 1970
Kampus
UNRI Tingkatkan Mutu Penelitian dan Pengabdian
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.