Go to Desktop Version
Sabtu,04 November 2023 - 10:40 PM
Wisata

Liburan Seru di Tengah Alam, Wisata Air Terjun Tembulun Kinutan di Riau

salah satu sudut wisata ait terjun kimbulun, Inhu.(ft:nia)

LANCANGKKUNING.COM, INDRAGIRIHULU - Indragiri Hulu merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Riau. Dengan mata pencaharian masyarakatnya yang didominasi dengan kelapa sawit, hampir semua lahan di daerah ini dapat dijumpai dengan kelapa sawit.

Dengan kondisi daerah dataran rendah dibarengi dengan cuaca yang panas, maka tak heran jika tidak banyak  terdapat tempat wisata alam air terjun seperti halnya yang terdapat di daerah pegunungan maupun dataran tinggi.

Air terjun Tembulun Kinutan yang terletak di Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau  menjadi salah satu potensi alam tersembunyi yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang daerah di luar Inhu. 

"Kalau untuk bentuk air terjun Tembulun Kinutan ini unik, untuk anak Riau khususnya Inhu main kesini pasti seru, ditambah lagi tempatnya berbeda sama air terjun pada umumnya yang ada di daerah lain yang cuma punya satu air terjun," ucap Sekar wisatawan saat di wawancarai pada Jumat (3/10/2023).

Air terjun Tembulun Kinutan memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Bentuk air terjun yang memiliki turunan aliran sungai dengan  membentuk air terjun lainnya, dan aliran sungai yang dipenuhi dengan bebatuan pun menambah keindahannya.

Jika berada diposisi air terjun paling bawah, di bagian atas masih masih terlihat aliran sungai dan masih terdapat lagi air terjun. Sehingga terbagi menjadi dua bagian air terjun atas dan bawah. Inilah yang membuat Tembulun Kinutan berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Wisata air terjun Tembulun Kinutan menawarkan suasana asri yang langsung disuguhkan oleh alam. Suasana alami dengan masih rindangnya tempat ini karena dikelilingi dengan pepohonan yang berada di sekitar air terjun dan sungai.

Bebatuan alami yang masih banyak terdapat di hampir sepanjang aliran air terjun, membuat kenyamanan tersendiri untuk duduk diatas batu yang berada di tengah aliran sungai yang mengalir. Sembari duduk menikmati air, wisatawan juga bisa sambil bermain air.

Berbagi fasilitas ditempat ini juga sudah disediakan, seperti kantin agar pengunjung tak perlu repot membawa makanan dari luar. Selain itu terdapat tempat penyewaan tikar dan ban untuk bermain air sehingga membuat liburan menjadi menyenangkan.

Biaya berlibur di tempat ini juga cukup terjangkau. Untuk dapat berwisata ditempat ini, hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang dan parkir roda dua Rp5 ribu. 

Tempat wisata ini buka dan dapat dikunjungi setiap hari. Selain tempatnya yang asri, akses untuk mengunjungi tempat ini juga cukup mudah dijangkau dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari perkampungan.(nia)


Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Feb 21st, 1884
Wisata
Parade Festival Seni dan Budaya Tampil Memesona di Peluncuran KEN 2024
Feb 21st, 1274
Wisata
Festival Pacu Jalur Terpilih TOP 10 dari 110 KEN 2024.
Jan 1st, 1970
Wisata
Puncak Masjid Jami' Air Tiris Disambar Petir
Jan 1st, 1970
Wisata
Menikmati Pesona Akhir Tahun di Asia Farm Pekanbaru
Jan 1st, 1970
Wisata
Taman Hijau Bundaran PHR Rumbai, Pilihan Piknik Warga
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.