Go to Desktop Version
Jumat,10 November 2023 - 05:11 PM
Wisata

Keberadaan Candi Muara Takus Sebagai Tempat Wisata Bersejarah di Sumatera

Pengunjung berfoto di depan Candi Muara Takus, Kampar.(ft:nia)

LANCANGKUNING.COM, PEKANBARU-Candi Muara Takus adalah kompleks situs sejarah yang terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia.

Dengan bentuk arsitekturnya yang khas, candi ini telah menjadi saksi sejarah keberadaan agama Buddha di Indonesia pada masa lampau yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-7 dan dibangun pada masa kerajaan Sriwijaya.

Dalam bentuk dan bahan bangunan candi Muara Takus ini memiliki keunikan yang berbeda dari candi lainnya. Bahan bangunan dari candi ini terdiri dari batu pasir, batu sungai dan juga batubata dengan sebagian besarnya terbuat dari batu bata.

Bentuk bangunan utama di kompleks candi Muara Takus ini adalah sebuah stupa besar yang berbentuk menara.

Candi Muara Takus dianggap penting sebagai warisan budaya dan sejarah peradaban yang harus di lestarikan dan ketahui oleh masyarakat keberadaannya.

Selain itu, tempat ini menjadi daya tarik wisata sejarah dan budaya, yang menarik untuk dikunjungi wisatawan serta dapat menjelajahi warisan bersejarahnya.

"Wisata ke Kampar di situs bersejarah seperti ini tentu menarik ya, bisa juga sekaligus studi tour ramai-ramai," ungkap Irul salah satu pengunjung saat diwawancarai, Jumat (10/11/23).

Pengunjung yang hadir dapat menikmati keindahan arsitektur kuno dan merasakan atmosfer sejarah di sekitar candi tersebut.

Situs bersejarah ini dapat dikunjungi dengan menempuh jarak sekitar kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Jika mengunjungi tempat ini, pastikan untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama kunjungan Anda.(nia)


Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Feb 21st, 1884
Wisata
Parade Festival Seni dan Budaya Tampil Memesona di Peluncuran KEN 2024
Feb 21st, 1274
Wisata
Festival Pacu Jalur Terpilih TOP 10 dari 110 KEN 2024.
Jan 1st, 1970
Wisata
Puncak Masjid Jami' Air Tiris Disambar Petir
Jan 1st, 1970
Wisata
Menikmati Pesona Akhir Tahun di Asia Farm Pekanbaru
Jan 1st, 1970
Wisata
Taman Hijau Bundaran PHR Rumbai, Pilihan Piknik Warga
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.