Go to Desktop Version
Sabtu,11 November 2023 - 09:34 PM
Wisata

Skywalk Tengku Buwang Asmara, Destinasi Wisata Baru di Siak

Jembatan Sultanah Latiifah di Siak Sriindrapura.(ft:dok humas riau)

LANCANGKUNING.COM,SIAK-Pemerintah Kabupaten Siak telah diresmikan destinasi wisata Skywalk Tengku Buwang Asmara. Lokawisata ini, bahkan disebut tak kalah cantik dan canggih dari skywalk yang ada di Negeri Ginseng, Korea Selatan. Bedanya, di Korsel tidak ada dancing light atau lampu menari yang menghiasi skywalk tersebut.

Nama skywalk diambil dari nama Sultan Siak kedua, yakni Tengku Buwang Asmara. Lokasinya berdekatan dengan destinasi wisata peninggalan sejarah Sultan Siak, seperti Istana Siak, Mesjid Sultan Syahbudin, Tangsi Belanda, makam Sultan Siak, makam para penasehat Sultan. 

Pembangunan skywalk sudah diuji Kemendikbudristek agar tidak menghilangkan makna sejarah di lokasinya. Bahkan, sebelum dibangun, Pemkab Siak mengundang pihak kementerian agar melakukan berbagai uji dan assesmen. 

Skywalk dibangun pada tahun 2022 lalu dengan ornamen yang diimpor. Diresmikan pada bulan Februari 2023. Pembangunan Skywalk melaui proses tiga tahap konstruksi sepanjang 1.076 meter. Membentang mulai dari Rumah Datuk Pesisir (penasihat Sultan Siak) hingga ke destinasi wisata Tangsi Belanda (penjara zaman Belanda). 

Sebagian kontruksi skywalk ini berupa kaca tempered 12 milimeter, sepanjang 50 meter dan bisa dipijak wisatawan yang melintas. Jarak antara kaca tempered dengan permukaan air pasang Sungai Siak sekitar 12 meter. Tentunya, keberadaan kaca itu menjadi daya tarik tersendiri di Skywalk Tengku Buwang Asmara.

Dancing light atau lampu menari di tengah-tengah skywalk menambah kecantikan skywalk jika dinikmati pada malam hari. Dancing light itu tentunya menjadi spot baru instagramable dengan background Istana Siak dan Turap Singapura di seberang skywalk. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, pariwisata di Kabupaten Siak sudah tersohor di mancanegara. Hal ini tak lepas dari komitmen dari pemerintah daerah setempat yang terus menggenjot sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di daerah itu. 

"Kabupaten Siak terus membuktikan komitmen untuk memajukan sektor parekraf. Hal ini terbukti dengan tumbuhnya destinasi-dastinasi baru yang mampu memikat wisatawan. Destinasi ini juga diharapkan berdampak positif pada masyarakat setempat dan UMKM," kata Roni, Sabtu (11/11/2023). 

Selain destinasi Skywalk Tengku Buwang Asmara, baru-baru ini Pemkab Siak juga telah meresmikan lift setinggi 73 meter di puncak Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Lift ini menambah daya tarik wisata di Siak. 

Pengoperasian lift jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah bertepatan peringatan hari jadi Kabupaten Siak ke-24, pada Kamis (12/10/2023) lalu. Lift ini  menjadi ikon pariwisata Kota Siak. 

Wisatawan bisa melihat pemandangan lekukan Sungai Siak dan panorama Kota Siak. Pelancong dari Malaysia juga telah menikmati lift dengan ketinggian 73 meter tersebut. 

Ruang menara lift memiliki luas 17,2 meter kali 5,8 meter atau 99,76 meter persegi. Bahkan, untuk bisa sampai puncak menara hanya membutuhkan waktu sekitar 1,22 menit saja. Sedangkan luas kabin lift yakni 2,46 meter kali 1,03 meter atau 2,53 meter persegi. Bisa mengangkut enam orang sekali jalan menuju puncak menara.(rie)


Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Feb 21st, 1884
Wisata
Parade Festival Seni dan Budaya Tampil Memesona di Peluncuran KEN 2024
Feb 21st, 1274
Wisata
Festival Pacu Jalur Terpilih TOP 10 dari 110 KEN 2024.
Jan 1st, 1970
Wisata
Puncak Masjid Jami' Air Tiris Disambar Petir
Jan 1st, 1970
Wisata
Menikmati Pesona Akhir Tahun di Asia Farm Pekanbaru
Jan 1st, 1970
Wisata
Taman Hijau Bundaran PHR Rumbai, Pilihan Piknik Warga
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.