Go to Desktop Version
Jumat,01 December 2023 - 04:08 PM
Info Daerah

MUI Riau Usulkan Tiga Nama Pj Gubri, Ada Rektor UIN Suska, Rektor Unri dan Sekdaprov Riau

Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUi) Riau Ilyas Husti dan jajaran.(ft:rana)

-LANCANGKUNING.COM, PEKANBARU-Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau dan jajaran melakukan pertemuan dengan Pimpinan DPRD Riau, Jumat (1/12/2023).

Pada pertemuan silaturahmi ini, MUI Riau mengusulkan tiga nama calon Penjabat Gubernur Riau. Sebelumnya Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) juga mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Riau.

Isu yang paling hangat dibicarakan sekarang ini adalah masalah estafet kepemimpinan Provinsi Riau kedepan. 

Berdasarkan SK Kementerian Dalam Negeri RI, masa jabatan Gubernur Riau akan berakhir pada 31 Desember mendatang. Sehingga secara otomatis setelah masa jabatan tersebut berakhir, maka akan ada pejabat sementara atau disebut dengan pejabat gubernur.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum MUI Provinsi Riau, Prof Dr Ilyas Husti menyampaikan bahwasanya beliau banyak didatangi oleh masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai usulan sosok penerus kepemimpinan Provinsi Riau ini. 

"Jadi disini, kami menerima aspirasi dan masukan dari masyarakat tersebut untuk menyampaikan apa yang mereka inginkan kepada perwakilan kita. Tentunya disini adalah pimpinan DPRD beserta anggota," ucap Ilyas Husti.

Beliau juga menjelaskan maksud kedatangannya ke DPRD Riau adalah untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakat sebagai masukan para pimpinan DPRD Riau untuk menentukan tokoh yang cocok memimpin Provinsi Riau dalam beberapa waktu kedepan. Yang mampu membawa Provinsi Riau lebih maju, sejahtera, lahir batin dan Riau yang gemilang serta terbilang.

Selain itu, Ketua MUI Provinsi Riau juga menyampaikan beberapa kriteria PJ Gubernur Riau sesuai dengan persyaratan administratif yang diatur dalam undang-undang. 

Adapun kriteria PJ Gubernur Riau berdasarkan peraturan perundang-undangan adalah merupakan seorang ASN dan Pejabat Eselon I. 

"Secara administratif ini, kami melihat di Riau hanya ada 3 orang yang memiliki kriteria tersebut, yaitu satu orang dari birokrasi dan 2 orang lagi dari perguruan tinggi," tambahnya.

Lebih rinci, tiga orang yang dirasa tepat untuk menjadi PJ Gubernur Riau adalah SF Hariyanto (Sekretaris Daerah Provinsi Riau), Prof. Dr. Hj. Sri Indrati, SE, M. Si (Rektor Universitas Riau) dan Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M. Ag (Rektor UIN SUSKA Riau).

Tokoh yang diharapkan oleh masyarakat Riau ini tentunya secara sosial kultural telah memberikan dampak positif serta gagasan inovatif untuk kemajuan Riau. 

"Kita tidak menafikan tokoh-tokoh yang berasal dari luar Riau. Namun kami berharap kepada para pimpinan dewan untuk mengutamakan kita yang berasal dari Riau ini. Karena secara geografis dan demografis tokoh asli Riau akan lebih tahu mengenai kondisi wilayah Riau secara menyeluruh," tutupnya.

Sebagai penutup, Ketua MUI Riau juga berharap aspirasi yang telah disampaikannya kepada para dewan dapat menjadi pertimbangan bagi DPRD Riau.

Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho menyambut kedatangan MUI Provinsi Riau yang bertujuan untuk menyampaikan aspirasi dari Masyarakat Riau perihal tokoh-tokoh yang dirasa tepat menjadi PJ Gubernur Riau yang akan ditentukan oleh Presiden RI nantinya.

Aspirasi yang disampaikan oleh MUI Riau ini akan menjadi bahan pertimbangan DPRD Riau dalam memutuskan nama yang akan dikirimkan ke Kemendgri.

Agung juga menjelaskan aspirasi yang disuarakan oleh MUI Riau memiliki kesamaan dengan aspirasi yang disampaikan FKPMR pada hari Kamis lalu (30/11/2023). 

"Hal ini akan menjadi masukan bagi kita bersama dan semoga nanti di hari senin atau rabu sudah kita kirimkan suratnya ke Kemendagri," ucap Agung.(ran)


Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Feb 21st, 0131
Info Daerah
16 Orang Nyatakan Siap Maju di Konferwil Ketua PWNU Riau
Jan 1st, 1970
Info Daerah
Surya Paloh Mendadak Dipanggil ke Istana
Jan 1st, 1970
Info Daerah
Wartawan JMSI Riau Tampil Memukau dengan Puisi di Hari Pers Nasional 2024
Jan 1st, 1970
Info Daerah
Dua Petugas KPPS di Riau Meninggal Dunia
Jan 1st, 1970
Info Daerah
Harga Sembako di Riau Naik, Menurut Taufiq OH Disebabkan El Nino 2023
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.