Go to Desktop Version
Jumat,01 December 2023 - 08:23 PM
Bisnis

Cita Rasa Tradisiona Khas Melayu Riau, Bolu Kemojo Masih Eksis Hingga Saat Ini

Bolu kemojo makanan khas Riau yang telah menjadi oleh-olej Riau.(ft nia)!

LANCANGKUNING.COM, PEKANBARU-Bolu Kemojo merupakan makanan tradisional khas Melayu yang diistimewakan sebagai oleh-oleh dari Riau.

Bolu kemojo diambil dari nama “Kamboja” karena bentuk yang dihasilkan dari loyang maupun cetakannya berbentuk seperti bunga Kamboja.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak berbagai jenis makanan dari luar yang masuk dan menjamur di daerah. Mulai dari macam bentuk, rasa dan jenis yang dapat menarik minat para konsumen terutama milenial dan gen Z.

Meski demikian, bolu kemojo tak kalah eksinya dengan kuliner-kuliner modern yang saat ini banyak ditemukan. Dari pantauan tim lancangkuning.com, bolu kemojo menjadi kuliner yang banyak di cari sebagai oleh-oleh khas Melayu Riau.

Berbeda dari kue pada umumnya, bolu kemojo memiliki tekstur yang padat dengan khasnya berwarna hijau dan aroma daun pandan. Namun saat ini bolu kemojo juga banyak di modifikasi mengikuti perkembangan zaman dengan berbagai rasa seperti coklat, durian, pisang dan variasi lainnya.

Bolu Kemojo terus memukau pecinta kuliner dengan kelezatan uniknya. Dikenal sebagai simbol kekayaan rasa Melayu, bolu ini berhasil mengukuhkan eksistensinya sebagai camilan istimewa yang merayakan warisan kuliner tradisional. 

Dengan cita rasa yang menggoda dan sentuhan khas, Bolu Kemojo semakin menjadi ikon kuliner yang patut dicicipi di tengah keanekaragaman kuliner yang ramai saat ini.

“Kalau saya sebagai generasi zilenial, bolu kemojo ini tak kalah enak dengan makanan-makanan viral yang katanya modern. Rasanya khas dan pasti manisnya pas,” kata Zira masyarakat di Pekanbaru saat di wawancarai, Jumat (1/12/23).

Bolu kemojo seringkali dijadikan sebagai buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Riau.

Seperti di pasar bawah Kota Pekanbaru, Riau, bolu kemojo banyak dan mudah di jumpai sebagai makanan khas, selain itu masih banyaknya masyarakat yang menyukai kuliner tersebut karena cita rasanya yang khas.

Selain itu, banyak pula outlet-outlet yang ada di kota Pekanbaru juga menyediakan Bolu Kemojo sebagai menu yang menjadi salah satu oleh-oleh andalan.

“Bolu kemojo biasanya buat oleh-oleh kalau pulang kampung, sebagai makanan Melayu kalau gak bawak bolu kemojo rasanya gak lengkap,” ungkap Dina masyarakat perantau.

Dengan begitu kuliner khas tradisional ini menjadi sangat penting sebagai ikon yang wajib di lestarikan agar tidak hilang karena pengaruh zaman.(nia)


Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Jan 1st, 1970
Bisnis
Kepala BPS Riau Ekspor Riau Berkontribusi 7,35 Persen Nilai Ekspor Nasional
Jan 1st, 1970
Bisnis
Empat Kota di Riau Alami Inflasi, Ini Kata Kepala BI Provinsi Riau
Jan 1st, 1970
Bisnis
Reksadana Pendapatan Tetap : Pengertian dan Keunggulanny
-1976 tahun yang lalu
Bisnis
Contoh Backlink Profil Untuk Pemula
Jan 1st, 1970
Bisnis
Ekonomi Riau 2023 Tumbuh 4,21 Persen
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.