Go to Desktop Version

Info Daerah

Lingkar pena

Minggu,28 February 2016 - 09:28 AM
Komunitas

Memelihara Musang? Mengapa Tidak ? Musang Lover Pekanbaru (MLP) Siap Menjadi Wadah Bagi Para Pencinta Hewan Eksotik Ini !

Musang dipelihara? Musang kan binatang liar yang suka memakan ayam? Apa tidak terlalu eksentrik?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan terlintas di benak kamu ketika mendengar bahwa hewan musang dijadikan peliharaan. Karena mayoritas masyarakat kita masih tidak familiar dengan hewan yang satu ini, mereka masih menganggap bahwa hewan yang bisa dijadikan peliharaan adalah kucing atau anjing. Sedangkan musang, masih terdengar sedikit aneh untuk dijadikan peliharaan.

Luwak atau musang adalah sejatinya pemakan segala, namun yang tersebar banyak di kalangan masyarakat hewan ini adalah “hama” yang memakan ayam peliharaan. Namun, Siapa yang menyangka bahwa musang atau luwak yang dikenal liar bisa “disulap” menjadi hewan manis dan imut yang bisa dipelihara seperti halnya kucing dan anjing.

Hal inilah yang dilakukan oleh para Musang Lover (Pecinta Musang) di kota Pekanbaru yang terhimpun dalam Musang Lover Pekanbaru, atau lebih akrab disebut MLP. MLP terbentuk pada 31 Desember 2013 dan sampai sekarang terdiri dari 30 anggota aktif Pecinta Musang yang memiliki misi untuk melestarikan musang. Selain itu MLP juga memiliki misi untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat, khususnya di daerah Pekanbaru, bahwa musang bukanlah hama, melainkan hewan manis dan eksotik yang bisa dijadikan teman bermain atau hewan peliharaan.

“Kami ingin mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa musang juga bisa menjadi hewan peliharaan yang jinak dan juga patut untuk dilestarikan”, ujar Ketua MLP yang akrab dipanggil Bang Tata ini. Lebih lanjut Bang Tata menjelaskan bahwa memelihara musang sangatlah mudah dibanding hewan peliharaan lainnya.

Loading...

“Memelihara musang tidak sulit kok, karena musang itu pemakan segala. Bisa diberi makan buah, makanan bayi atau susu untuk yang masih bayi. Selain itu bulu musang juga tidak rontok”, ujarnya.

Ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh MLP, selain sosialisasi MLP juga mengadakan beberapa kontes atau lomba, seperti Kontes Musang Bonding, Kontes Lompat Jauh dan Kontes Kecantikan Musang. MLP juga menjadi wadah untuk mengadopsi musang dan konsultasi mengenai pemeliharaan musang. Ada berbagai jenis musang yang dilestarikan oleh MLP, seperti musang bulan, musang pandan, musang akar dan musang garangan. Sedangkan untuk jenis musang yang langka mereka menyerahkannya kepada pemerintah guna mendapat pemeliharaan dan pelestarian yang lebih baik.

MLP memelihara luwak sejak umur kurang dari 2 bulan. Setelah berumur lebih kurang setahun, musang akan dilepaskan kembali ke habitatnya, yaitu hutan atau alam liar.

Kamu dapat menjumpai MLP di kawasan Car Free Day (CFD) Pekanbaru di hari Minggu, mereka rutin melakukan sosialisasi pada hari dan acara tersebut. Selain itu juga dapat kamu temui di Masjid Agung An-Nur dan MTQ kota Pekanbaru pada acara-acara khusus. Untuk lebih dekat dengan MLP, kamu bisa kepoin instagram dan facebook mereka, di @musangloverspku dan Official Musang Lover Pekanbaru.

MLP yang awalnya bernama Musang Riau Community (MRC) ini tidak memiliki kriteria khusus dalam perekrutan anggota. Jika ingin join, kamu hanya perlu ikut aktif di acara-acara sosialisasi dan kegiatan MLP selama 4 minggu, setelah itu kamu akan diberi ID dan seragam MLP. Jangan salah lho, MLP punya struktur organisasi dan data anggota yang lengkap.

Bagaimana? Menarik bukan? Yang ngakunya pecinta binatang wajib deh pokoknya ikut kegiatan positif untuk melestarikan binatang seperti yang dilakukan oleh Musang Lovers Pekanbaru. (YLZ)

 

 

-
Sukai/Like Fan Page Facebook Lancang Kuning
Follow Instagram Lancang Kuning

Baca Juga

Sep 30th, 0278
Komunitas
Sinergi Pegadaian dan IZI berikan Bantuan Usaha di Tengah Pandemi Wabah Corona
Jan 1st, 1970
Komunitas
Selamat, Dompet Dhuafa Raih Penghargaan dari Bank Indonesia
Jan 1st, 1970
Komunitas
Keceriaan dan Kebahagian Kakek Syafri atas Bantuan Rumah Yatim Riau
Jan 1st, 1970
Komunitas
MTT dan HI Jalankan Program Orang Tua Asuh untuk Siswa Kurang Mampu
Jan 1st, 1970
Komunitas
IZI Riau Salurkan Bantuan Beasiswa Tahfiz untuk Kaum Dhuafa 
Anda punya berita atau informasi yang menarik dan ingin di publikasikan. silahkan emailkan ke: redaksi@lancangkuning.com

©lancangkuning.com. All rights reserved.